Bupati Donggala Melepas 100 Peserta Diklat Pemberdayaan Masyarakat BP2IP Barombong

Bupati Donggala Melepas 100 Peserta Diklat Pemberdayaan Masyarakat BP2IP Barombong



Setelah mengikuti pendaftaran dan seleksi Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) di kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Donggala, 100 peserta Diklat Pemberdayaan Masyarakat dari Kabupaten Donggala dilepas secara simbolis oleh Bupati Kabupaten Donggala Drs. Kasman Lassa, S.H. dan jajaran Muspida dan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Donggala Saut M.H.B. Hutabarat, S.H. di halaman rumah jabatan Bupati Kabupaten Donggala, Jumat (9/11).

Peserta DPM BP2IP Barombong asal Kabupaten Donggala tersebut terkena dampak bencana gempa bumi dan tsunami yang melanda Kota Palu dan sekitarnya pada akhir September lalu. Banyak dari mereka yang kehilangan harta benda, tempat tinggal, sanak keluarga bahkan orang tua, sehingga para peserta sangat terharu dan merasa diperhatikan karena berkesempatan mengikuti DPM di BP2IP Barombong.

Para peserta nantinya akan akan dididik dan dilatih tentang dasar-dasar pelayaran dan kepelautan selama kurang lebih 2 minggu di Kampus BP2IP Barombong, dan akan mendapatkan sertifikat Basic Safety Training (BST), Advance Fire fighting (AFF), dan Security Awarnes Training (SAT), sehingga bisa menjadi modal berharga untuk memulai pekerjaan sebagai pelaut, atau semakin terampil dalam hal keselamatan dan keamanan selama melaut.

BP2IP Barombong Laksanakan Rekrutmen Peserta Diklat Pemberdayaan Masyarakat di Donggala

BP2IP Barombong Laksanakan Rekrutmen Peserta Diklat Pemberdayaan Masyarakat di Donggala



BP2IP Barombong melaksanakan rekrutmen Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) di Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah. Tim BP2IP Barombong melakukan kegiatan pendaftaran dan tes kesehatan pada Senin (5/11) di kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Donggala, yang didampingi langsung oleh Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Donggala Saut M.H.B. Hutabarat, S.H.


Peserta yang berasal dari kelurahan di setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Donggala tersebut sebagian besar terkena dampak gempa bumi dan tsunami, dan sangat antusias mendaftarkan diri. Sebagian dari pendaftar ada yang kehilangan harta benda, rumah, hingga ada pula yang kehilangan orang tua mereka, bahkan ada yang sudah tidak punya apa-apa sampai kesulitan membeli meterai. Mereka terharu mendapatkan perhatian untuk melaksanakan diklat gratis di BP2IP Barombong.

Dari banyaknya peminat yang hingga melebihi kuota tersebut, 100 orang peserta akan direkrut, lalu akan dididik dan dilatih tentang dasar-dasar pelayaran dan kepelautan selama kurang lebih 2 minggu di Kampus BP2IP Barombong, dan akan mendapatkan sertifikat Basic Safety Training (BST), Advance Fire fighting (AFF), dan Security Awarnes Training (SAT).

Selain Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah, BP2IP Barombong juga melakukan rekrutmen di Kabupaten Tolitoli di Sulawesi Tengah, Kota Tobelo Kabupaten Halmahera Utara di Provinsi Maluku Utara, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Jayapura, Provinsi Papua, dan di Kabupaten Manokwari Selatan Provinsi Papua Barat.



Program Diklat Pemberdayaan Masyarakat atau Diklat Vokasi merupakan diklat gratis dari Pemerintah yang ditujukan untuk masyarakat yang tidak mampu, daerah dengan kesenjangan tinggi dan pulau terpencil atau berada di kawasan 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal) untuk mendapatkan pendidikan yang layak, sehingga dapat memperbaiki kehidupannya.

Pada Tahun 2018, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) mendapat mandat untuk memberikan diklat kepada lebih dari 100.000 masyarakat tanpa dipungut biaya. Kuota tersebut disebar di 23 Unit Pelaksana Teknis (UPT) di berbagai wilayah Indonesia, dimana BP2IP Barombong mendapatkan kuota sebanyak 6.630 orang.
[Humas BP2IP Barombong]

PENDAFTARAN CALON TARUNA/TARUNI BP2IP BAROMBONG GEL KE 2 DI PERPANJANG

SELEKSI PENERIMAAN CALON TARUNA/TARUNI (SIPENCATAR) PROGRAM DP-III,DP-IV & DP V PEMBENTUKAN
DI LINGKUNGAN BALAI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN ILMU PELAYARAN BAROMBONG
TAHUN AKADEMIK 2017/2018

PROGRAM DIKLAT PEMBERDAYAAN MASYARAKAT ANGKATAN I TAHUN 2018 RESMI DIBUKA DI BP2IP BAROMBONG

BAROMBONG  –  Kepala Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) Barombong Dr. Capt. Mashudi Rofik, M.Sc. 

membuka Program Diklat Pemberdayaan Masyarakat angkatan I tahun 2018 di Kampus BP2IP Barombong, Makassar, Senin (22/1).

Telah Dibuka Program Diklat Pelaut Tingkat III ( DP-III ) Peningkatan Di BP2IP Barombong

Diklat Pelaut Tingkat III ( DP-III ) Peningkatan

Yaitu diklat yang diperuntukkan bagi pelaut dan industri maritim yang telah memiliki sertifikat Keahlian Pelaut Tingkat IV dengan pengalaman berlayar minimal 30 bulan dengan jabatan Mualim pada kapal min. GT 500

Simulator Kemudi

bottom-1

Full Mission Ship Bridge Simulator adalah simulator anjungan kapal, dimana seluruh sistem kerja dan kelengkapan dibuat menyerupai seperti kondisi diatas kapal.

Kapal Latih

bottm2

KL Barombong diharapkan bisa menjadi sarana diklat andalan bagi taruna pelaut BP2IP Barombong. Mereka bisa prala di kapal milik sendiri, sekaligus berlatih melayani masyarakat terutama di daerah Sulawesi Selatan dan Indonesia bagian timur lainnya.

Kapal Latih Batu

bottom3

BP2IP Barombong dilengkapi juga dengan kapal latih yang didesain tahan api yang berfungsi melatih taruna dalam penanggulangan bencana kebakaran di kapal.

Kampus BP2IP

bottom4

Kampus BP2IP Barombong memiliki area yang luas dan tertapa rapi dan indah sehingga memungkinkan para taruna dapat betah dan nyaman dalam menimba ilmu.

: