Diklat Pemberdayaan Masyarakat BP2IP Barombong di Kabupaten Kep.Selayar

 

Diklat Pemberdayaan Masyarakat BP2IP Barombong di Kabupaten Kep.Selayar

Zainal (20 tahun) peserta Diklat Pemberdayaan Masyarakat asal Benteng, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan tinggal di rumah yang sangat sederhana dengan dua kamar dan harus berbagi dengan kedua orang tuanya yang bekerja sebagai petani, lima adik dan dua adik tirinya. Zainal sendiri sehari-hari bekerja di pelelangan ikan sebagai penjual ikan.

Diklat Pemberdayaan Masyarakat di BP2IP Barombong sudah memasuki angkatan ke-8 dan diselenggarakan di SMK Negeri 2 Kabupaten Kepulauan Selayar. Tim BP2IP Barombong masih berusaha merekrut dan membuka kesempatan bagi orang-orang seperti Zainal yang sebagian besar berprofesi sebagai nelayan menggunakan kapal "Jolloro" (kapal kayu) dan kebanyakan tinggal di pulau-pulau terluar dengan jarak tempuh 5 hingga 17 jam.

Program Diklat Pemberdayaan Masyarakat (Diklat Vokasi) dari Pemerintah yang ditujukan untuk masyarakat yang tidak mampu, daerah dengan kesenjangan tinggi dan pulau terpencil sangat terasa manfaatnya bagi orang-orang seperti Zainal untuk memperbaiki kehidupannya menjadi lebih layak.


#VokasiUntukRakyat
#HengkaraMajaya

 

 

Komentar Anda

Security code
Refresh

Simulator Kemudi

bottom-1

Full Mission Ship Bridge Simulator adalah simulator anjungan kapal, dimana seluruh sistem kerja dan kelengkapan dibuat menyerupai seperti kondisi diatas kapal.

Kapal Latih

bottm2

KL Barombong diharapkan bisa menjadi sarana diklat andalan bagi taruna pelaut BP2IP Barombong. Mereka bisa prala di kapal milik sendiri, sekaligus berlatih melayani masyarakat terutama di daerah Sulawesi Selatan dan Indonesia bagian timur lainnya.

Kapal Latih Batu

bottom3

BP2IP Barombong dilengkapi juga dengan kapal latih yang didesain tahan api yang berfungsi melatih taruna dalam penanggulangan bencana kebakaran di kapal.

Kampus BP2IP

bottom4

Kampus BP2IP Barombong memiliki area yang luas dan tertapa rapi dan indah sehingga memungkinkan para taruna dapat betah dan nyaman dalam menimba ilmu.

: