Penutupan Madatukar 2015

Rangkaian kegiatan Masa Dasar Pembentukan Karakter taruna Transportasi (Madatukar) 2015 telah selesai dilaksanakan. Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan di Pusat Pelatihan Tempur (Puslatpur) Marinir IV Purboyo, Malang ini diikuti oleh 2723 calon taruna yang berasal dari 13 Sekolah yang berada di bawah BPSDM Perhubungan. Penutupan kegiatan Madatukar dilaksanakan pada hari senin tanggal 21 September 2015 di lapangan upacara Puslatpur Marinir, dan dipimpin oleh Kepala BPSDM Perhubungan Wahju Satrio Utomo S.H., M.Si., sebagai inspektur upacara.

Upacara penutupan Madatukar tahun 2015 dihadiri oleh pejabat di lingkungan BPSDM Perhubungan termasuk para kepala sekolah transportasi di bawah BPSDM Perhubungan, Komandan Komando Latih Korps Marinir Kolonel Marinir Imam Sopingi, dan Direktur Utama MURI Aylawati Sarwono.

Dalam sambutannya, Kepala BPSDM Perhubungan mengingatkan kepada para peserta akan pentingnya kegiatan pembentukan karakter, sesuai dengan arahan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan yaitu untuk merubah pola pikir atau mindset SDM Perhubungan agar senantiasa mampu bekerja keras melaksanakan pengabdian kepada Bangsa dan Negara untuk dapat meningkatkan keselamatan transportasi dan pelayanan kepada masyarakat “Menteri Perhubungan telah memberikan arahan kepada seluruh jajaran Kementerian Perhubungan termasuk dalam hal ini Badan Pengembangan SDM Perhubungan untuk dapat merubah pola pikir atau mindset nya agar senantiasa mampu bekerja keras melaksanakan pengabdian kepada Bangsa dan Negara di bidang Pendidikan dan Pelatihan sehingga dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas, berdaya saing tinggi serta memiliki nilai tambah, guna lebih mampu meningkatkan keselamatan transpportasi dan pelayanan kepada masyarakat.” Ungkap Kepala BPSDM Perhubungan.

Sumber daya manusia yang handal amat dibutuhkan oleh Kementerian perhubungan, untuk menunjang keberhasilan pembangunan di sektor transportasi. Kepala BPSDM Perhubungan menekankan kepada para calon taruna bahwa untuk menjadi SDM transportasi yang handal tidak cukup hanya memiliki keterampilan teknis di bidang transportasi, tetapi juga harus memiliki disiplin, loyalitas, integritas, rasa bangga bila berkinerja baik, serta mampu bekerja sama dan peduli dengan orang lain. “Sumber Daya Manusia yang handal, akan sangat menunjang keberhasilan pembangunan di sektor transportasi. SDM yang handal dimaksud adalah SDM yang tidak hanya memiliki keterampilan teknis di bidang transportasi, namun juga yang memiliki disiplin, loyalitas, integritas, rasa bangga bila berkinerja baik,  serta mampu bekerjasama dan peduli dengan orang lain.”Ucap Kepala BPSDM Perhubungan.

Kepala BPSDM Perhubungan Wahju Satrio Utomo, S.H., M.Si., berpesan kepada para calon taruna transportasi yang telah melewati masa pelatihan di Puslatpur Marinir IV Purboyo selama satu bulan, bahwa masa depan transportasi di Indonesia ke depannya ditentukan oleh kualitas para calon taruna, oleh karena itu para calon  taruna harus tetap belajar dan menempa diri, tidak lupa harus memiliki disiplin yang tinggi, mandiri, dan mampu bekerja keras. “Di tangan saudara-saudara sekalian nantinya akan ditentukan baik – buruknya transportasi nasional kita. Oleh karena itu Saudara – Saudara harus mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya, tidak pernah berhenti belajar dan terus menempa diri, agar tetap terjaga kompetensi yang tinggi. Memiliki disiplin yang tinggi, mandiri, tangguh dan mampu bekerja keras dengan cara-cara yang cerdas, terlatih mengembangkan kreatifitas dan inovasi, sebagaimana yang saya sampaikan, sangat penting guna memenangkan persaingan. Tanpa disiplin yang tinggi tidak akan mungkin Saudara dapat berhasil dalam karier dan menjalani kehidupan dengan baik.” Ucap Kepala BPSDM Perhubungan.

Di akhir sambutan, Kepala BPSDM Perhubungan berharap, agar para calon taruna dapat mengimplementasikan seluruh pengetahuan dan keterampilan yang telah mereka dapatkan di pelatihan. “Harapan Saya agar Saudara-Saudara dapat mengimplementasikan seluruh pengetahuan dan keterampilan yang telah Saudara peroleh dengan sebaik – baiknya dan tidak menjadi orang yang angkuh atau sombong, namun tetap tampil bersahaja, dengan percaya diri yang tinggi serta santun. Sekembalinya Saudara – Saudara ke kampus masing-masing, segera persiapkan diri dengan sebaik-baiknya untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan selanjutnya, guna memperoleh prestasi yang terbaik di pendidikan.” Ucap Kepala BPSDM Perhubungan.

Setelah rangkaian upaca penutupan selesai, para calon taruna menampilkan keterampilan mereka lewat tarian dan demonstrasi beladiri. Meskipun lapangan tempat para calon taruna menampilkan keterampilan mereka hasil dari pelatihan selama satu bulan di Puslatpur Marinir IV Purboyo penuh dengan debu dan terik matahari yang menyengat, namun para calon taruna sangat bersemangat menampilkan keterampilan mereka. Para calon taruna diajarkan pula keterampilan dalam membongkar dan menyusun senjata, bahkan mereka dapat melakukan hal tersebut dengan mata tertutup tanpa masalah. Selain itu, para calon taruna pun menampilkan keahlian mereka dalam melakukan rappelling dari ketinggian 10 meter. Alhasil penampilan para calon taruna mendapatkan tepuk tangan yang meriah dari para pejabat dan kepala UPT di lingkungan BPSDM Perhubungan.

Tidak hanya itu, para calon taruna pun menampilkan keterampilan mereka dalam Baris Berbaris, yaitu dengan melakukan defile. Di akhir acara penutupan kegiatan Madatukar, para calon taruna mengajak Kepala BPSDM Perhubungan dan para Kepala UPT di bawah BPSDM perhubungan untuk menari bersama-sama. Meskipun para calon taruna terlihat bahagia dalam kegiatan penutupan Madatukar, namun tidak sedikit taruna yang menangis terharu, dan juga sedih karena ini merupakan hari terakhir  mereka bersama-sama dengan teman satu kelompok mereka, karena harus berpisah Sekolah tempat mereka nantinya akan belajar untuk menjadi perwira transportasi.

Komentar Pengunjung  

#1 111-penutupan-madatu 2017-02-13 08:25
111-penutupan-madatukar-2015
Quote
Komentar Anda

Security code
Refresh

Simulator Kemudi

bottom-1

Full Mission Ship Bridge Simulator adalah simulator anjungan kapal, dimana seluruh sistem kerja dan kelengkapan dibuat menyerupai seperti kondisi diatas kapal.

Kapal Latih

bottm2

KL Barombong diharapkan bisa menjadi sarana diklat andalan bagi taruna pelaut BP2IP Barombong. Mereka bisa prala di kapal milik sendiri, sekaligus berlatih melayani masyarakat terutama di daerah Sulawesi Selatan dan Indonesia bagian timur lainnya.

Kapal Latih Batu

bottom3

BP2IP Barombong dilengkapi juga dengan kapal latih yang didesain tahan api yang berfungsi melatih taruna dalam penanggulangan bencana kebakaran di kapal.

Kampus BP2IP

bottom4

Kampus BP2IP Barombong memiliki area yang luas dan tertapa rapi dan indah sehingga memungkinkan para taruna dapat betah dan nyaman dalam menimba ilmu.

: